15 Okt 2010

Install Windows XP pada HDD SATA

Beberapa bulan yang lalu, masalah melanda laptop Toshiba L510 ku. Windows Vista bawaan dealer (karena belinya Non OS) error. Sempat kelabakan dinuatnya, karena aku ga punya CD Install Windows Vista. Dapat saran dari teman untuk beralih ke Windows XP. Apalagi dengan spek laptop yang lumayan, dijamin Windows XP bakal berlari kenceng disini. Gayung bersambut, temanku pun bersedia meminjamkan CD Install Windows XPnya. Tapi ternyata saat Windows XP memulai proses instalasi tiba layar berubah biru (bluescreen). Setelah dicoba berkali-kali, hal serupa tetap terjadi. Akhirnya, laptop kubawa ke dealer temapt beli dulu, dan diinstall kembali Windows Vista di laptopku. Hati lega tapi masih sedikit penasaran. Mengapa Windows XP tidak bisa diinstal di laptopku? Mulai deh Googling, dan akhirnya mendapat jawaban logis tentang permasalahan ini. Ternyata Windows XP ga bisa diinstall di Laptop dengan HDD SATA. Setelah kucek laptopku, ternyata benar, Toshiba L510 berharddisk SATA. Hal inilah yang menyebabkan bluescreen waktu proses instalasi Windows XP. Lalu bagaimana solusinya?? Apakah memang HDD SATA ga bisa dikasih XP?? Ternyata tidak. XP masih bisa jalan di HDD SATA, tapi perlu sedikit penyesuaian. Sebenarnya ada 2 teknik yang bisa dilakukan agar HDD SATA bisa membaca XP, yaitu: 


Men DISABLE SATA NATIVE SUPPORT. Hal ini dilakukan apabila “BIOS” pada Notebook/Laptop tersebut mendukung untuk melakukan DISABLE SATA NATIVE SUPPORT, yaitu dgn cara sebagai berikut:
         1. Masuk Menu BIOS
         2. pilih Menu System Configuration
         3. pilih SATA NATIVE SUPPORT
         4. Rubah menjadi DISABLE
         5. Save perubahan dan keluar dari Menu BIOS
         6. Setelah Restart lakukan instalasi Windows XP
Tetapi, dengan cara ini HDD SATA pada laptop tidak difungsikan. HDD menjadi ATA. Tentu sebuah   kerugian, karena SATA merupakan pengembangan dari ATA. Lalu bagaimana?? Masih ada cara kedua, yaitu dengan menginjeksikan driver SATA yang sesuai dengan spesifikasi laptop ke dalam CD Install Windows XP.
Caranya??
Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi nLite. Dengan nLite kita bisa menambahkan option tertentu pada proses installasi, baik patching, drivers, hotfix dll. Istilahnya Re-bundling.

Untuk mem-bundle ulang installer Windows XP, anda harus memiliki :
1. Installer Windows XP,
2. Driver SATA sesuai dengan spesifikasi notebook/desktop,
3. CD blank

Berikut langkah-langkah bundling installer Windows XP plus driver SATA:
  • Jalankan aplikasi N-lite, jika belum memilikinya anda bisa download di sini, kemudian install.
  • Jika nLite tidak bisa diinstal, maka anda juga perlu menginstal Microsoft NET Framework 2.0. Bisa anda dapatkan di sini
  • Install terlebih dahulu Microsoft NET Framework 2.0 kemudian install nLite.
  • Ikuti petunjuk N-lite sampai muncul pilihan tentukan patch installer Windows XP yang anda miliki, misalnya di D:\winxp-patch. Kemudian klik Next
 N-lite akan mendeteksi installer Windows XP dan akan muncul informasi tentang installer yang anda gunakan. Kemudian klik Next.




Kemudian akan muncul halaman selanjutnya yang berisi pilihan apa yang akan anda masukkan ke dalam Installer Windows XP. Dalam hal ini cukup dipilih Drivers dan Bootable ISO.
Selanjutnya adalah menentukan dimana lokasi driver SATA yang sudah kita siapkan (sesuaikan dengan driver SATA pada notebook/desktop yang akan anda install).




Untuk memasukkan driver, anda cukup meng-klik button Insert. Anda akan ditanya apakah anda akan memasukkan hanya 1 file driver saja atau banyak driver. Setelah anda memilih single driver atau multiple drivers, anda akan diminta untuk menentukan lokasi driver yang bersangkutan. Tentukan lokasi driver SATA anda, kemudian klik  OK. Setelah proses penentuan lokasi driver tadi, anda akan dihadapkan pada banyak pilihan driver SATA. Silahkan sesuaikan dengan jenis SATA anda. Jika anda tidak yakin yang mana, anda bisa memilih semua driver yang ditampilkan. Kemudian klik OK.
Selanjutnya nLite akan memproses semua perubahan task yang anda inginkan. Setelah proses selesai, nLite akan menampilkan informasi terbaru dari installer Windows XP anda setelah ditambah drivers. Kemudian klik Next.
Proses terakhir, installer Windows XP plus Driver SATA anda siap untuk disimpan menjadi ISO file atau anda juga bisa langsung melakukan proses burning ke CD.

Tunggu sampai proses burning selesai.
Selamat anda sudah mempunyai file master Windows XP installer buatan sendiri yang tentunya akan dikenali oleh HDD SATA pada laptop anda.

Selamat mencoba. Semoga sukses.
Hello! If you have not signed, subscribe to our RSS feed to receive our email updates, or follow us on Twitter.
Name: Email:

0 Comments:

Posting Komentar